10 Cara Melatih Otak


1. Do something!
Para ilmuwan mulai berpikir bahwa olahraga aerobik teratur mungkin hal yang
paling penting yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan jangka panjang dari
otak Anda. Sementara jantung dan paru-paru merespon keras untuk berlari di
treadmill, otak tenang semakin bugar dengan setiap langkah, juga. Untuk
kebugaran mental, bertujuan untuk minimal 30 menit aktivitas fisik setiap hari.

2. Eat, eat, eat
Terlalu banyak atau terlalu sedikit energi mempengaruhi kepekaan kerja otak
Anda. Diet glisemik rendah ( diet berserat tinggi, dengan jumlah lemak dan
protein menegah) dipecah lebih lambat dalam tubuh dari makanan glisemik
tinggi, seperti permen dan pati yang putih. Kecepatan yang stabil dalam
pencernaan usus, memberikan aliran energi yg lebih baik untuk otak, dan
mengoptimalkan kesehatan dan kinerja organ jangka panjang.

3. Watch that diet
Sementara overindulging dapat membuat otak lamban dan mengakibatkan
kerusakan jangka panjang untuk otak Anda, terlalu sedikit kalori juga dapat
mengganggu fungsi otak. Extreme diet dapat menyebabkan betapa susahnya
tenang (perasaan kecanduan Anorexia), tetapi banyak penelitian juga
dikaitkan diet dengan gangguan, kebingungan dan penurunan memori.

4. Take care of your body
Sebagian besar penyakit yang dapat dicegah – seperti diabetes tipe II,
obesitas dan hipertensi – semua mempengaruhi otak Anda, juga. Sistem-
masalah kesehatan yang luas telah dikaitkan dengan peningkatan risiko
penurunan kognitif dan gangguan memori. Menjaga sistem sirkulasi dalam
rangka kerja, oleh, katakanlah, menghindari rokok dan lemak jenuh,
mengurangi serangan kerusakan yang berkaitan dengan usia ke otak.

5. Get your beauty rest
Ketika kita beristirahat dan mimpi, ingatan akan disaring, beberapa dibuang,
dan yg digabung dan disimpan. Bila kita tidak tidur, sebuah penelitian baru
menemukan, protein membangun pada sinapsis, sehingga sulit untuk berpikir
dan belajar hal baru. Lebih jauhnya, kurang tidur kronis (berbeda dengan tidak
cukup) terkait dengan penurunan kognitif di usia tua, meskipun hubungan itu
mungkin tidak kausal.

6. Enjoy your coffee
Semakin banyak bukti menunjukkan kebiasaan kafein dapat melindungi otak.
Menurut studi longitudinal besar, 2/4 gelas sehari bisa mencegah penurunan
kognitif normal dan menurunkan kejadian Alzheimer sebesar 30 hingga 60
persen. Tidak jelas apakah keuntungan yang datang dari kafein atau
antioksidan yang ditemukan dalam kopi dan teh, tapi latte yang dapat
meningkatkan ingatan sore ini dan beberapa dekade dari sekarang.

7. Eat fish
Beberapa teori pengenalan ikan ke dalam diet manusia dengan kekuatan
evolusi kita yang luar biasa. Asam lemak esensial, seperti Omega 3, sangat
penting untuk fungsi otak dan terbukti bermanfaat untuk mengobati penyakit
seperti melemahnya otak atau depresi. Studi tentang kemanjuran suplemen
Omega 3, bagaimanapun, memiliki hasil yang beragam, jadi dapatkanlah dari
sumber makan, seperti biji rami, lemak ikan dan hewan yang diberi makan
rumput.

8. Chill out
Stres berbahaya pada otak krna dpt menimbulkan bahan kimia berbahaya d
hippocampus dan area otak lain yang terlibat dalam memori. Beberapa ilmuwan
menduga bahwa hidup mengejar gaya hidup yang seimbang dan kegiatan
santai seperti yoga, sosialisasi dan kerajinan dapat menunda penurunan
memori dengan mengurangi stres.

9. Skip the supplements
Suplemen telah mendapatkan ketukan yang buruk akhir-akhir ini, bahkan
dengan multivitamin sekarang tampak akrab seperti buang-buang uang atau
lebih buruk. Pil otak, seperti ginkgo dan melatonin, mungkin termasuk dalam
tempat sampah . Meskipun d bilang “alami” asal-usul, mereka tidak bebas dari
potensi efek samping, seperti tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan,
masalah kesuburan dan depresi. Dan di antara orang yang sehat, ginkgo tidak
memberikan keuntungan sama sekali bagi otak

10. Tease your brain
Teka-teki silang, sudoku dan permainan asah otak lainnya benar-benar
menjaga otak tetap tajam, meskipun belum mapan. Namun, kurangnya
pendidikan merupakan prediktor kuat penurunan kognitif. Semakin Anda sudah
mencoba untuk belajar, semakin baik Anda di usia tua. Kuncinya mungkin
menangani sesuatu yang baru. Mengerjakan tantangan yang tidak diketahui
mungkin lebih menguntungkan daripada mengerjakan teka-teki gambar yang
sama berulang lagi.

sumber:

saya tidak tahu, yang penting mari sama-sama kita amalkan.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s